Sabtu, 08 Januari 2011

Masyarakat Perkotaan dan Pedesaan

Di Indonesia banyak sekali masyarakat yang membeda – bedakan status ini, sebagian orang kota sering mengungkapkan bahwa mereka tidak mau bergaul dengan orang desa tetapi sebagian orang desa mengatakan ingin sekali mengenal secara lebih dalam orang kota dan ingin belajar menjadi pribadi orang kota. Masyarakat kota yang demikian adlah masyarakat kota yang sombong dan tidak menyadari bahwa meraka sebetunya sangat membutuhkan masyarakat pedesaan.

Contohnya adalah para pembantu rumah tangga yang hampir setiap harinya di cari oleh masyarakat perkotaan. Dan jika dalam suatu kota tidak ada masyarakat pendatang dari desa maka kota itu tidak akan pernah maju dan menjadi kota yang besar. Sebut saja Jakarta, jika saat ini di Jakarta tidak ada orang desa maka Jakarta tidka akan menjadi kota sebesar sekarang ini. Mengapa masyarakat desa setiap tahunnya berbondong – bonding untuk mengadu nasib mereka di kota – kota besar? Karena mereka sangat membutuhkan orang kota, dan begitu juga sebaliknya mengapa orang – orang kota selalu ingin berlibur ke desa? Karena mereka ingin melepas kepenatan mereka selama di kota.

Dalam hubungan masyarakat perkotaan dan pedesaan banyak sekali di antara keduanya yang menyangkal bahwa pada dasarnya mereka sangat membutuhkan. Di kota banyak sekali fasilitas yang disediakan oleh masyarakat perkotaan seperti kendaraan umum, perkantoran, tempat rekreasi, dll. Tetapi siapakah yang akan menggunakan itu semua fasilitas itu selain masyarakat kota itu sendiri? Yang menggunakannya tidak lain adalah para masyarakat dari desa. Contonya jika sedang ada hari raya besar seperti lebaran maka tempat – tempat rekreasi, kendaraan umum di kota tersebut sangat ramai dan kebanyakan dari mereka yang menggunakan dan datang ke tempat rekreasi tersebut adalah masyarakat datang dari desa.

Dan jika di sebuah kantor sedang ada penerimaan pegawai maka berbondog – bondong orang desa yang berdomisili di kota tersebut melamar untuk menjadi pegawai di kantor tersebut. Maka dengan beberapa contoh di atas tidak bisa dipungkiri bahwa hubungan keduanya sangat erat, tidak dapat dipisahkan, dan saling membutuhkan.

Dalam kehidupan bermasyarakat masyarakat perkotaan dan pedesaan sangat jauh berbeda, ada beberapa ciri menonjol dari masyarakat perkotaan yaitu :
  1. Kehidupan keagamaan berkurang bila dibandingkan dengan kehidupan keagamaan di desa
  2. Orang kota pada umumnya dapat mengurus dirinya sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain. Yang penting disini adalah manusia perorangan atau individu
  3. Pembagian kerja di antra warga-warga kota juga lebih tegas dan mempunyai batas-batas yang nyata
  4. Kemungkinan-kemungkinan  untuk mendapatkan pekerjaan juga lebih banyak diperoleh warga kota dari pada warga desa
  5. Interaksi yang terjai lebih banyak terjadi berdasarkan pada faktor kepentingan daripada faktor pribadi
  6. Pembagian waktu yang lebih teliti dan sangat penting, untuk dapat mengejar kebutuhan individu
  7. Perubahan-perubahan sosial tampak dengan nyata di kota-kota, sebab kota biasanya terbuka dalam menerima pengaruh dari luar.
Dan ciri menonjol dari masyarakat pedesaan yaitu :
  1. Didalam masyarakat pedesaan di antara warganya mempunyai hubungan yang lebih mendalam dan erat bila dibandingkan dengan masyarakat pedesaan lainnya di luar batas wilayahnya.
  2. Sistem kehidupan umumnya berkelompok dengan dasar kekeluargaan
  3. Sebagian besar warga masyarakat pedesaan hidup dari pertanian
  4. Masyarakat tersebut homogen, deperti dalam hal  mata pencaharian, agama, adat istiadat, dan sebagainya
Dari ciri - ciri di atas terlihat jelas perbedaan masyarakat perkotaan dan pedesaan.

Selesai

1 komentar:

  1. BERITA BAIK BERITA BAIK

    Halo semuanya, saya SUWANDI dari indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman di mana-mana untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah tipuan, penipuan dan penipuan, dan juga beberapa testimonial di sini salah, mereka adalah orang yang sama. Karena itu, tolong berhati-hatilah untuk tidak menjadi persekutuan mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali kira-kira Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, bea cukai dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar berkali-kali. Ini akan menarik minat Anda untuk mengetahui ada undang-undang tentang pembiayaan undang-undang atau peraturan dewan ini untuk mendapatkan pinjaman dari undang-undang pemberi pinjaman atau perusahaan mana pun. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebanyak $ 250.000 dari perusahaan yang diperkenalkan teman saya Achmad Halima. Perusahaan pinjaman yang dapat dipercaya dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk meringankan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman pinjaman tahu apa yang seharusnya ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu mengetahui dan hak untuk menawarkan pinjaman (pedagang pribadi atau pinjaman) dan layanan keuangan.

    Saya sangat mengabdikan diri untuk membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, e-mail saya (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

    Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

    BalasHapus